Kamis, 13 Oktober 2011

Pendiri Google

Sergey Brin
Pendiri & Presiden bidang Teknologi

Sergey Brin, yang berasal dari Moskow, menerima gelar sarjana dengan pujian di bidang matematika dan ilmu komputer dari University of Maryland di College Park. Saat ini beliaubeliau sedang cuti dari program Ph.D. ilmu komputer di University of Stanford, di mana beliaubeliau mendapatkan gelar masternya. Sergey adalah penerima beasiswa National Science Foundation Graduate Fellowship dan juga penerima gelar MBA kehormatan dari Instituto de Empresa. Di Stanford-lah beliaubeliau bertemu Larry Page dan mengerjakan proyek yang kelak menjadi Google. Bersama-sama mereka mendirikan Google Inc. pada tahun 1998, dan sampai kini Sergey terus berbagi tanggung jawab dalam hal operasional sehari-hari bersama Larry Page dan Eric Schmidt.

Minat penelitian Sergey antara lain: mesin pencarian, ekstraksi informasi dari sumber-sumber yang tidak terstruktur, dan penggalian data dari sekumpulan teks dan data ilmiah dalam jumlah besar. Beliau telah menerbitkan lebih dari selusin makalah akademik termasuk Extracting Patterns and Relations from the World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Architecture for Data with High Dimensionality, yang diterbitkan bersama Larry Page; Scalable Techniques for Mining Casual Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond Market Baskets: Generalizing Association Rules to Correlations.

Sergey pernah menjadi pembicara utama di beberapa forum akademik, bisnis, dan teknologi tingkat internasional, termasuk World Economic Forum dan Technology, Entertainment and Design Conference. Beliau telah berbagi wawasan tentang pandangannya seputar industri teknologi dan masa depan teknologi pencarian pada Charlie Rose Show, CNBC, dan CNNfn. Di tahun 2004, beliau dan Larry Page mendapat julukan “Persons of the Week” oleh ABC World News Tonight




Larry Page
Pendiri Bersama & Presiden bidang Produk

Sebelum pindah ke perannya sebagai presiden bidang produk di bulan April 2001, Larry Page merupakan CEO pendiri Google dan menumbuhkan perusahaan dengan lebih dari 200 pekerja dan memperoleh keuntungan. Beliau melanjutkan tanggung jawabnya bersama atas operasional harian di Google bersama Eric Schmidt dan Sergey Brin.

Sebagai anak dari Dr. Carl Victor Page, dosen ilmu komputer Michigan State University, kecintaan Larry terhadap komputer dimulai pada usia 6 tahun. Ketika mengikuti jejak ayahnya di bidang akademik, beliau mendapat gelar sarjana teknik dengan pujian dari University of Michiganrekacipta, dengan konsentrasi pada rekaciptateknik informatika. Selama berada di Ann Arbor, Larry membuat printer inkjet dari balok-balok mainan Lego™. Saat menempuh program Ph.D. di bidang ilmu komputer di Stanford University, Larry bertemu dengan Sergey Brin dan bersama-sama mereka mengembangkan dan mengelola Google yang mulai beroperasi di tahun 1998. Larry cuti dari Stanford setelah mendapatkan gelar masternya.

Pada tahun 2002, Larry mendapat julukan World Economic Forum Global Leader for Tomorrow. Beliau adalah anggota National Advisory Committee (NAC) dari University of Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Beliau adalah wali direksi dari X PRIZE, dan telah diangkat menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar