Kamis, 13 Oktober 2011

Bermain dengan komputer dan pendidikan :

Perpaduan yang baik ?


Bagi kebanyakan orang jawaban atas pertanyaan dalam judul artikel ini pasti TIDAK! Tetapi respon tersebut mungkin sangat emotif. Hal ini benar bahwa ada mindless "menembak 'em up" permainan yang tampaknya memiliki sedikit untuk menghubungkan mereka ke pendidikan, tetapi peneliti tidak sepenuhnya meremehkan nilai pendidikan game komputer.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa game komputer benar-benar dapat memiliki beberapa manfaat mengejutkan bagi perkembangan anak-anak. Game action mereka yang tampak begitu jauh dari manfaat perkembangan, telah disarankan, dapat membantu memperbaiki penglihatan anak-anak dan memajukan refleks mereka dan kemampuan prediktif.

Tampaknya jam bermain game tidak sekedar menyenangkan, mereka juga dapat mengubah cara anak bereaksi dan merespon ke dunia digital dan digital prompt. Hal ini mungkin tampakmenakutkan, kita mungkin berpikir seorang anak berinteraksi dengankomputer sebagai sesuatu yang kurang dari yang diinginkan tetapi,anehnya, mungkin ada muncul cara-cara di mana interaksi danketerampilan tersebut sebenarnya diinginkan. Sebagai contoh, dalam dunia kedokteran pengalaman gaming komputer dan keterampilan dapat dilihat sebagai menguntungkan. Dengan pertumbuhan robotika dalam kedokteran yang mengarah ke operasi yang signifikan yang dilakukan dengan manipulasi peralatan robot itu diklaim bahwa orang-orang yang akrab dengan remote kontrol dari game, dan mengatakan, "raja permainan".


Sumber : The Jakarta Post




Conclusion

the simple fact that technology has changed the way we do things and it has changed our skills and abilities in ways that we could hardly have imagined only a relatively short time ago. Children are “techno-savvy” and this is both needed and to their advantage.

Children’s brains adapt and assimilate new ways of doing things relatively easily and this is an excellent interface with technology where change and development is practically a daily reality. Children’s ability to speedily navigate their way around a computer, or any other gadget for that matter, allows them to quickly become adept and so capable users.

Computer gaming too does not just exist in the world of wild “shoot ‘em up” games. There are many concentration, memory and strategy games that allow children to develop far more than just a trigger finger. The dexterity with which children can speed around a keyboard, solve problems and come up with plans is something of a skill in itself.

So, while we generally think of computing games and technology as being rather ominous and worrying for the development of children and education, it may just be that we need to reconsider our attitudes.

There is little doubt that technology is with us, it is a fact of life and it is all around us. What we need to do is make sure that it is being used appropriately and wisely. Computers and technology have to form a part of our education and development.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar