Selasa, 11 Juni 2013

Tugas Bahasa Indonesia ke-2

BAHASA INDONESIA 2
Di Susun Oleh     :
·        Citra Quintiara Indah (11110616)
·        Ferry Arriyadi (12110754)
·        Siti Sarah Amaliani (16110619)
Kelas                    : 3KA08
Tugas Bahasa Indonesia 2 # (Tugas Ke-2)

1.  Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

Ø Kalimat non-Efektif
·        Revitalisasi terminal dibiayai pihak ketiga dan sebagai kompensasinya Pemerintah Kota Bogor menyerahkan sebagian lahan di Terminal Baranangsiang untuk area komersial yang mereka kelola. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Hotel di Terminal diprotes)
·        Sejumlah warga, memang terpaksa mengungsi karena jika banjir tiba, akses air bersih maupun listrik sulit diperoleh.  (Warta Kota, 3 Mei 2013, Terpaksa evakuasi ibunya).
·        Kopaja berniat menambah Kopaja dengan tarif Rp 5.000 ini namun disesuaikan dengan kondisi keuangan koperasi dan kemampuan pinjaman ke perbankan. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
·        Sehari menjejakan kaki di Jakarta, Sophie langsung diundang menjadi bintang tamu berbagai talkshow. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba).
·        Selain karena uang, di dalam kontrak jelas disebutkan bahwa aku boleh menghapus tatto tersebut. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).

Ø Kesejajaran Kata dalam Kalimat
·        Revitalisasi terminal ini dibiayai pihak ketiga dan sebagai kompensasinya sebagian lahan di Terminal Baranangsiang diserahkan oleh Pemerintah Kota Bogor untuk area komersial yang mereka kelola. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Hotel di Terminal diprotes).
·        Sejumlah warga, memang terpaksa mengungsi karena jika banjir tiba, sulit memperoleh akses air bersih maupun listrik. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Terpaksa evakuasi ibunya).
·        Kopaja berniat menambah armada dengan tarif Rp 5.000 ini namun menyesuaikan dengan kondisi keuangan koperasi dan kemampuan pinjaman ke perbankan. (Warta Kota, 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
·        Sehari menjejakan kaki di Jakarta, berbagai talkshow langsung mengundang Sophie menjadi bintang tamu. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba).
·        Selain karena uang, di dalam kontrak jelas disebutkan bahwa tatto tersebut boleh dihapus. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).



2.  Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.

Ø Keterangan Tempat
·        Semuanya berawal dari celoteh Irfan hakim dan Asti Ananta, dua pembawa cara (MC) Gema Ramadan SCTV yang digelar di Bekasi, Jawa Barat (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Syahrini)
·        Steven dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Darmo Satelit Surabaya (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)
·        Acara Red Carpet Gala Premiere film Java Heat di Epicentrum, Kuningan, Jakarta begitu meriah (Koran Nyata, 4 April 2013, Gala Premiere Java Heat)

Ø Keterangan waktu
·        Untuk kepentingan yang sama, Ario juga diberangkatkan ke Amerika dengan rekan satu manejemnnya, Joe Taslim, mulai 19 April hingga 1 Mei (Koran Nyata, 4 April 2013, Ario Bayu)
·        Sekitar 10-15 menit berenang, akhirnya mereka bisa mencapai landasan (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)
·        Pesawat baru datang sekitar Pukul 12.30 WIB (Koran Nyata, 4 April 2013, Ratu Downhil – Lion Air)




3.  Cari masing-masing 3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting. Tulis sumber kutipannya.

Ø Kelogisan
·        Orang tua pasti tidak menginginkan anak mengalami kendala selama di perjalanan, seperti mabuk kendaraan, terutama ketika harus menempuh perjalanan jauh dan lama. (Kompas, 24 Februari 2013, Klasika).
·        Satu hal yang terpikir adalah melawan, setelah itu berteriak sekeras mungkin. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah Manca).
·        Sejak kecil Arifin Putra cukup mengalami suka duka dalam hidupnya. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah)

Ø Penegasan
·        Presiden mengharapkan agar rakyat membangun bangsa dan negara ini dengan kemampuan yang ada pada dirinya. (Kompas, 24 Februari 2013, Politik).
·        Nurmala berurai air mata pada saat orang bergembira ria. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen)
·        Mencari pekerjaan dijakarta tidak semudah yang kamu banyangkan apalagi kalau kami tidak punya koneksi.





4.     Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan. Salin kalimat itu dan tuliskan sumbernya.

Ø Pengulangan Subyek
·        Ketika dia membuka pintu mobil, tiba-tiba dia ditodong oleh perampok. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah Manca).
·        Saya suka kecantikan mereka, saya suka akan kelembutan mereka. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Kisah).
·        Dia datang membawa bakul nasi, lalu dia meletakannya di atas meja makan. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen).
·        Doni menduga-duga apa isi surat itu, apakah ini dari Siska, pacar Doni yang dia putuskan sebulan lalu? (Majalah Nova, 20 Juni 2011, Cerpenku).
·        Karena ia tidak diundang, dia tidak datang ke tempat itu. (Kompas, 11 Mei 2010, Cerpen).



5.     Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:
a.       Frase keterangan tempat
b.       Frase keterangan waktu
c.       Frase keterangan cara
d.       Frase verbum
e.       Partikel penghubung

a.     Frase keterangan tempat
§  Di Mobil menuju ke Denpasar kulihat Aji hanya diam. Tapi aku tetap tidak menemukan kesusahan atau penderitaan dimatanya. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
§  Di Masjid Baitussalam, kawasan Komplek Permata Puri Laguna, Cibubur, Depok, sang ustadz tampak penuh semangat menjalani syuting (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Ustadz Solmed)
§  Di Jakarta kemana-mana sesuka hati (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Sophia Latjuba)

b.     Frase keterangan Waktu
·        Jam tiga pagi, kudengar tangisan yang menyayat hati (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
·        Jam 10 pagi, akan digelar sidang pertama gugatan cerai Lydia Kandou dengan materi mediasi (Koran Nyata, 4 April 2013, Lydia Kandou)
·        Sepuluh Menit kemudian, Lydia keluar ruangan dan berjalan menuju ruangan dan berjalan menuju ruang arsip perdata (Koran Nyata, 4 April 2013, Lydia Kandou)




c.      Frase keterangan Cara
·        Dari bisik-bisik teman-temannya yang datang ke upacara itu, adik tiriku menangkap suaminya sedang bersama seorang perempuan (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
·        Dering telepon di ruang tamu terdengar bertubi-tubi (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Tiga Perempuan)
·        Saat sengkeran dan siraman pengantin perempuan menggunakan ubet-ubet kain, dan kain tangkepan

d.     Frase Verbum
·        Dengan seksama ia mendengarkan suara dari iphone-nya untuk mengetahui pesan suara yang masuk (Koran Nyata 4 April 2013, Andira Mahasiswi UI Tuna Netra)
·         Dengan mengikuti acara ini, saya dipaksa menurunkan level kegugupan saya (Koran Nyata, 4 April 2013, Lazaro Arbos)
·        Dengan dimasak, unsur organik buah dan sayur kembali ‘dimatikan’ menjadi an-organik, seperti di dalam tanah. (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Konsultasi).
e.      Partikel Penghubung
§  Jadi, saya harus sediakan waktu untuk belajar, mengisi otak saya dengan pengetahuan baru, memeprdalam kemampuan akting saya, serta menyegarkan pikiran (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Jeong il woo)
§  Tapi, jangan bayangkan malaikat mautnya sama seperti dalam film-film klasik yang seram (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, Jeong il woo)

§  Namun April bersyukur, sekalipun segera menikah, dirinya tetap berhubungan baik dengan mantan (Koran Nyata, 3 Oktober 2011, April Jasmine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar