Sabtu, 16 Maret 2013

Tipe Jaringan Komunikasi

1. Switch Network
 Switced Network adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan atau perangkat jaringan . Istilah umumnya mengacu pada multi-port jembatan jaringan yang proses dan data rute pada lapisan data link (lapisan 2) dari model OSI . Switch yang mengolah data tambahan pada lapisan jaringan (lapisan 3) dan di atas sering disebut lapisan-3 switch atau switch multilayer . Switch yang ada untuk berbagai jenis jaringan, termasuk Fibre Channel , Asynchronous Transfer Mode , InfiniBand , Ethernet dan lain-lain.

2. Circuit switched-network

Dalam dunia telekomunikasi, jaringan circuit switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated di antara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi. Sirkuit yang dedicated tidak dapat digunakan oleh penelepon lain sampai sirkuit itu dilepaskan, dan koneksi baru bisa disusun. Bahkan jika tidak ada komunikasi berlangsung pada sebuah sirkuit yang dedicated, kanal tersebut tetap tidak dapat digunakan oleh pengguna lain. Kanal yang dapat dipakai untuk hubungan telepon baru disebut sebagai kanal yang idle.

3. Packet switched-network

Sebuah jaringan packet-switched adalah jaringan komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan, terlepas dari konten, jenis, atau struktur ke blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Jaringan di mana paket ditransmisikan adalah jaringan bersama yang rute setiap paket independen dari semua orang lain dan menyediakan sumber daya transmisi yang diperlukan. Tujuan utama dari packet switching adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas link yang tersedia, meminimalkan waktu respon dan meningkatkan ketahanan komunikasi. Ketika melintasi adapter jaringan, switch dan lainnya node jaringan , paket buffer dan antri, mengakibatkan keterlambatan variabel dan throughput, tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringan.


4. Broadcast network


Dalam jaringan komputer , penyiaran mengacu pada transmisi paket yang akan diterima oleh setiap perangkat pada jaringan. Dalam praktek, ruang lingkup siaran terbatas pada domain broadcast . Broadcast pesan ini berbeda dengan unicast pengalamatan di mana sebuah host mengirimkan datagram ke host lain tunggal diidentifikasi dengan alamat IP yang unik.

5. Packet radio network
Semua node dalam jaring harus bertukar informasi tentang kualitas hubungan antara stasiun yang berdekatan. Sebuah perangkat lunak kompleks sekarang dapat menghitung, yang jalan dari A ke B akan menjadi yang tercepat dan paling efisien. Hal ini penting untuk mengevaluasi kembali situasi setiap sekarang dan kemudian, karena dapat terjadi bahwa stasiun simpul tertentu gagal dan lalu lintas data harus diarahkan pada cara-cara baru untuk menemukan cara-cara alternatif tidak menggunakan node yang gagal. Karena berbagai beban lalu lintas, beberapa link mungkin padat dan lainnya (mungkin lebih lambat) cara harus digunakan secara paralel. Sebuah jaring Data secara umum (terutama jaring amatir dengan stasiun yang dibangun rumah dan amatir yang dioperasikan) bukanlah hal yang statis tetapi berubah dari waktu ke waktu.
6. Satellite network
Jaringan internet satelit adalah akses Internet yang disediakan melalui satelit . Satelit layanan Internet yang modern biasanya diberikan kepada pengguna di seluruh dunia melalui geostasioner satelit yang dapat menawarkan kecepatan data yang tinggi, dengan satelit terbaru mencapai kecepatan hingga 18 Mbps.

7. Local network
 Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar